Senin, 28 Juni 2010

BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

Berdasarkan laporan pelaksanaan kegiatan program upaya kesehatan kerja tahun 2009, mengenai deteksi dini dapat disimpulkan, bahwa :

1. Dari hasil pemeriksaan fungsi paru terhadap pekerja di sector informal yang bekerja pada pembakaran batu gamping, pembuatan kain tenun dan pengolahan benang serta peternakan ayam berisiko tinggi terjangkit penyakit pneumoconiosis. Angka penurunan fungsi paru akibat paparan debu gamping 96%, akibat paparan debu kapas 100% dan akibat debu kotoran ayam 96%.

2. Dari hasil pemeriksaan debu perorangan terhadap pekerja di sector informal yang bekerja pada pembakaran batu gamping, pembuatan kain tenun dan pengolahan benang serta peternakan ayam, hanya paparan debu yang beresiko mencemari tubuh pekerja. Dari jumlah sampel yang diperiksa, 50% nya melampau nilai ambang batas normal.

3. Dari hasil pemeriksaan kadar debu lingkungan kerja terhadap tiga tempat kerja yang berbeda, tempat kerja pembakaran gamping dan pembuatan kain tenun yang paling buruk pengelolaan lingkungannya. Masing-masing tempat kerja mengajukan dua sampel, dan dari hasil pemeriksaan terhadap kedua-duanya menunjukkan 100% melampaui nilai ambang batas. Sedangkan hasil pemeriksaan kadar debu lingkungan kerja terhadap tempat kerja peternakan ayam, dari dua sampel yang diperika 50% nya melampau nilai ambang batas

B. Saran

1. Melakukan sosialisasi pada pengelola tempat kerja dan para pekerja, tentang perlunya pengadaan alat perlindungan kerja dan faktor resiko terjadinya pneumokoniosis yang akan dihadapi oleh para pekerja. Disamping itu juga perlu disosialisasikan tentang cara penggunaan alat pelindung kerja secara benar.

2. Melakukan sosialisasi pada para pekerja tentang cara perlindungan diri terhadap paparan debu dilingkungan kerja dan perlindungan terhadap keluarga dari kemungkinan paparan debu yang terbawa dalam lingkungan rumah tangga.

3. Sesuai dengan fungsinya, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah perlu melaksanakan fasilitasi dan monitoring agar pengelola tempat kerja mau melaksanakan/berupaya untuk membangun lingkungan kerja yang bersih dan sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar